loading...

Variasi Satu Huruf UANG KUNO

iklan
Masih menyangkut seri kebudayaan, kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp.5. Tentunya banyak diantara kita yang bertanya-tanya, mengapa di KUKI terdapat jenis-jenis uang tertentu yang mempunyai variasi satu huruf sedangkan jenis-jenis lainnya tidak.

Uang2 kertas yang mempunyai variasi satu huruf yakni :
1. Pecahan 5 rupiah 1952
2. Seri hewan 1957 (semua kepingan kecuali 10 dan 25)
3. Seri bunga 1959 (semua pecahan)
4. Seri Sukarno 1960 kepingan 25, 50, 500 dan 1000 rupiah

Silahkan lihat gambar
 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf

Pecahan 5 rupiah 1952 terdapat variasi 1 hurufnya



 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf
Hampir semua seri hewan 1957 mempunyai variasi satu huruf



 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf
Semua kepingan pada seri bunga 1959 juga mempunyai variasi satu huruf

 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf

 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf
Beberapa kepingan pada seri Sukarno 1960 juga mempunyai variasi satu huruf yaitu kepingan 25, 50, 500 dan 1000 rupiah.



Sekarang kita lihat apa yang ditulis di katalog 'World Paper Money' (katalog Pick)

 kini pembahasan kita mengenai variasi satu huruf pada kepingan Rp 8. Variasi Satu huruf

Ternyata pada katalog Pick tidak ditemukan klarifikasi mengenai variasi satu huruf dari kepingan 5 rupiah seri kebudayaan. Di sana hanya dijelaskan sebagai: 1952. Gray-blue. R. Kartini at l (left). Makara secara ringkas katalog Pick hanya menganggap bahwa kepingan ini terdiri dari satu jenis saja. Sedangkan kepingan 10 dan 25 rupiah yang di KUKI dibedakan menjadi 3 variasi, pada Pick hanya dibedakan menjadi 2 jenis.


Sebagai seorang kolektor tentu kita akan bertanya-tanya:
1. Mengapa terdapat perbedaan antara KUKI dengan Pick?
2. Mengapa ada uang-uang tertentu yang mempunyai variasi satu huruf?
3. Mengapa variasi ini jauh lebih sukar didapatkan dibandingkan variasi 3 huruf?


Yang lebih mengherankan mengapa pada satu seri menyerupai pada seri kebudayaan hanya kepingan 5 rupiahnya saja yang mempunyai variasi satu huruf? Mengapa pecahan-pecahan lainnya tidak mempunyai variasi tersebut?


Sekarang coba kita perhatikan apa nama percetakan dari semua uang kertas yang mempunyai variasi 1 huruf: Ternyata cuma satu nama yaitu Thomas De La Rue (TDLR).
Percetakan lain menyerupai Percetakan Kebayoran, Johan Enschede dan Peruri tidak mempunyai variasi satu huruf. Dari sini sanggup diambil kesimpulan bahwa sistem penomoran pada masing2 percetakan TIDAK SAMA. Nah, berdasarkan logika kalau ada variasi satu huruf berarti variasi tersebut yang pertama digunakan, dimulai dari satu huruf A, sebanyak 5 angka (99999) lembar, kemudian disusul B sebanyak 99999 lembar dan seterusnya hingga Z. Bila benar maka variasi satu huruf dari A hingga Z diasumsikan akan ada sebanyak 24 karakter (mungkin I dan X tidak dipakai) dikali masing2 99999 (genapkan saja menjadi 100000) menghasilkan angka 2.400.000 lembar.

Kalau perhitungan di atas dianggap benar maka variasi 1 huruf bukanlah barang langka, sebab ada sekitar 2,4 juta lembar. Kenyataannya variasi tersebut jauh lebih sedikit dan sangat sulit ditemukan. Dengan demikian perkiraan kita yang menyatakan bahwa variasi satu huruf yakni yang pertama kali dicetak yakni TIDAK BENAR.

Kalau begitu apa dan mengapa ada variasi satu huruf?

Variasi satu huruf yang hanya ditemukan pada percetakan TDLR sebetulnya adalah SERI PENGGANTI. Para hebat numismatik memperkirakan bahwa variasi satu dan mungkin dua huruf sebetulnya tidak pernah dicetak secara banyak. Variasi ini digunakan kalau terjadi kesalahan pada variasi tiga huruf yang resmi diedarkan. Makara sebetulnya variasi 1 huruf (dan mungkin juga 2 huruf) setali tiga uang dengan variasi huruf X pada percetakan Peruri.

Dengan demikian sanggup dimengerti mengapa pada katalog Pick tidak dicantumkan variasi satu huruf, sebab sebetulnya variasi ini yakni seri pengganti.

Sekarang kita sudah sanggup menjawab pertanyaan di bawah ini:


1. Terdapat perbedaan wacana variasi satu huruf pada KUKI dan Pick.
Mana yang benar KUKI atau Pick?
a. KUKI
b. Pick
c. Keduanya benar
d. Keduanya salah

Jawabannya yakni c (keduanya benar). Pick hanya mencantumkan variasi percetakannya sedangkan KUKI mencantumkan variasi seri penggantinya.


2. Kenapa hanya kepingan Rp.5 (1952) saja yang ada variasi satu hurufnya?
a. Pada kepingan lain variasi satu hurufnya sebetulnya ada tetapi belum ditemukan
b. Pecahan 5 terbanyak dicetak sehingga diharapkan variasi satu huruf
c. Percetakannya berbeda
d. Semuanya salah

Jawabannya yakni c (percetakannya berbeda), telah diterangkan diatas bahwa hanya kepingan 5 rupiah 1952 saja yang dicetak oleh TDLR, yang lainnya bukan.


3. Apa artinya variasi satu huruf?
a. Sebagai uang yang pertama dicetak, misalnya A hingga Z dulu, sehabis habis terpakai gres dicetak variasi 2 huruf (AA-ZZ) dan sehabis itu gres tiga huruf.
b. Terbalik dari di atas, pertama 3 huruf dulu, kemudian 2 huruf, dan terakhir gres 1 huruf
c. Tidak mengikuti hukum tertentu
d. Bukan salah satu di atas

Jawaban yang benar yakni d (bukan salah satu di atas) sebab variasi satu huruf yakni seri pengganti.


Sekarang kita semua sudah mengetahui, bahwa variasi satu huruf pada percetakan TDLR sebetulnya yakni seri pengganti. Tetapi tidak semua uang yang dicetak TDLR mempunyai variasi satu huruf, misalnya yakni seri RIS dan kepingan 500 rupiah 1958. Kedua uang kertas ini dicetak oleh TDLR tetapi tidak mempunyai variasi satu huruf. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apakah variasi penggantinya pada uang2 tersebut.

Untuk percetakan2 lain menyerupai PERURI kita tahu bahwa variasi pengganti menggunakan huruf X, bagaimana dengan percetakan2 lain menyerupai Johan Enschede yang mencetak uang wayang dan seri kebudayaan lainnya? Kalau bukan satu huruf kemudian apakah seri pengganti yang digunakan oleh percetakan tersebut?


Kita bahas lain kali.


Kesimpulan info kali ini:
1. Variasi satu huruf sebetulnya adalah seri pengganti
2. Percetakan yang menggunakan cara ini yakni Thomas De La Rue




Kritik dan saran harap hubungi arifindr@gmail.com
iklan

0 Response to "Variasi Satu Huruf UANG KUNO"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.