loading...

Membedakan uang Kuno Asli Dan Palsu

iklan
Pertanyaan dari seorang sahabat di Medan :

Salam kenal pak, Nama aku Faisal dari Medan, sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi . Saya sudah mulai mengoleksi semenjak tahun 1995. Ada pertanyaan yang ingin aku tanyakan ke bapak yaitu bagaimana kita mengetahui bahwa koleksi uang kertas kuno dari seri Dai Nippon dan NICA kita orisinil atau tidak?

Jawab :
Memang sulit untuk mengetahuinya sebab uang tersebut tidak mempunyai pengaman yang memadai. Tidak ada watermark, tidak ada benang pengaman dan juga tidak ada isyarat pada nomor serinya sebagaimana yang kita jumpai pada uang ORI.

Salah satu cara terbaik ialah membandingkan dengan uang yang telah kita ketahui keasliannya. Perhatikan gambar di bawah :


Pecahan 100 Roepiah seri Dai Nippon

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Perhatikan perbedaan antara uang yang ASLI (atas) dengan yang PALSU
Uang yang palsu dibentuk seperti ialah versi tanpa karakter yang berharga jauh lebih mahal, tetapi apakah memang benar demikian?
Untuk lebih terang mari kita perbesar....



 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Bandingkan uang yang PALSU (kanan) mempunyai gambar yang lebih agresif dibandingkan dengan yang ASLI (kiri).



 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Ternyata pada uang yang PALSU (kanan), karakter SK nya dihapus. Tampak kurang jelas bekas hapusannya. Berarti uang ini sengaja dipalsukan sekaligus diubah variasinya sehingga seperti menjadi variasi yang lebih mahal. Sudah niscaya jenis palsu ini bukan tergolong "OLD FAKE" menyerupai yang sering ditulis oleh teman-teman penjual, melainkan jenis "NEW FAKE".
Hebat bukan??



Pecahan 2,5 Gulden seri Federal

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

Bila dibandingkan dengan yang ASLI (atas) maka akan tampak dengan terang perbedaannya. Tetapi apakah anda bisa mengetahuinya jika tidak ada pembanding?



Pecahan 50 Gulden seri NICA

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Perhatikan perbedaan uang yang ASLI (atas) dengan yang PALSU (bawah)


 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

Uang yang palsu (kanan) mempunyai gambar yang lebih kasar, selain itu coba perhatikan nomor serinya. Apakah cuilan 50 Gulden mempunyai prefix H? Dan juga apakah ada variasi 6 angka? Variasi baru? Atau pemalsu kurang terlalu paham dengan hukum penomoran uang tersebut.



Pecahan 10 Roepiah seri Dai Nippon

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Bagian depan 10 ROEPIAH DAI NIPPON ASLI (atas) dengan yang PALSU (bawah)



 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Bagian belakang ASLI (atas) dengan PALSU (bawah)


Mari kita perbesar biar lebih terang :

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

Perhatikan perbedaannya antara yang orisinil (kiri) dengan yang palsu (kanan). Setelah diperbesar terlihat dengan terang bahwa uang yang palsu mempunyai gambar yang lebih kasar.
Demikian juga dengan pecahan-pecahan lainnya, variasi palsu biasanya mempunyai corak dan gambar yang lebih kasar. Saya akan mencoba untuk mencari gambar-gambar lainnya, jika sudah ada tentu akan ditampilkan biar kita bisa berguru bersama. Untuk itu mohon pertolongan teman-teman semua.

Pertanyaan 1 :

Menurut anda aslikah uang NICA 100 Gulden di bawah ini?
a. ASLI sebab ada pengaman berupa titik-titik warna
b. PALSU walaupun ada pengaman berupa titik-titik warna
c. ASPAL, kertasnya orisinil sebab ada pengaman tetapi nomor serinya palsu
d. Gak tau deh, emang gue pikirin

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
NICA 100 Gulden dengan titik-titik warna yang sangat jelas


JAWABAN :
Untuk memastikan, mari kita bandingkan uang di atas dengan cuilan yang telah kita ketahui keasliannya. Perhatikan gambar di bawah ini :

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Bagian depan.
Bandingkan uang yang telah diketahui keasliannya (atas) yang tidak ada titik-titik warnanya dengan uang yang sedang kita bahas yang mempunyai titik-titik warna sangat jelas.


 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Bagian belakang.
Perhatikan bahwa uang yang atas walaupun titik-titik warnanya telah memudar (kemungkinan telah di bersihkan) tetapi mempunyai ketajaman gambar yang lebih baik dibandingkan uang yang di bawahnya.
Untuk jelasnya mari kita lihat gambar berikut....


 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Perhatikan dan bandingkan perbedaan detail dan ketajaman gambar dengan uang yang orisinil (kiri), tampak terang perbedaannya bukan?

Berdasarkan gambar-gambar di atas maka tanggapan yang sempurna ialah :
b. PALSU, walaupun ada pengaman berupa titik-titik warna.


KESIMPULAN :
Keaslian uang tidak hanya bisa dilihat dari satu sisi saja. Jangan terpengaruh dari iklan yang menyatakan bahwa uang tersebut orisinil sebab ada pengaman berupa titik-titik warna. Uang orisinil yang telah melalui proses pencucian (washed) akan menghilangkan titik-titik warnanya, tetapi walaupun demikian uang tersebut tetaplah asli. Sebaliknya uang palsu, walaupun ada tititk-titik warna yang sangat-sangat jelas, uang tersebut tetap saja palsu.

Makara untuk membedakannya harus diperhatikan secara keseluruhan termasuk kualitas dan ketajaman gambar, warna uang, nomor seri (termasuk warna, spasi, ukuran dan jenis font) serta jenis kertas yang dipakai termasuk kualitas, ukuran dan ketebalannya (uang palsu biasanya mempunyai kertas yang lebih tebal). Dan jangan lupa perhatikan pula fitur keamanannya menyerupai benang pengaman, tanda air, diam-diam atau isyarat nomor seri dan lain sebagainya.

NICA 100 Gulden palsu tersebut merupakan referensi uang palsu yang sangat baik, sangat menyerupai dengan aslinya sehingga membingungkan jika tidak dibandingkan dengan yang orisinil secara bersamaan. Karena itu terus pertajam kemampuan anda sehingga bisa membedakan uang orisinil dan palsu dengan hanya sekali pandang. Masalah gres timbul jika kita tidak mempunyai pembanding, contohnya Coen 300 Gulden atau wayang 200 Gulden. Mudah-mudahan ada yang mau menyumbang pengalaman seputar penipuan uang-uang langka tersebut.

Pertanyaan 2 :

Dari ketiga uang di bawah ini yang palsu ialah nomor .......
a. Nomor 1
b. Nomor 2
c. Nomor 3
d. Nomor 1 dan 3
e. Tidak ada yang palsu
f. Tidak ada yang asli
g. Isi pilihan anda sendiri (karena para kolektor sangat kritis sehingga sering ada yang mempunyai opsi yang berbeda)

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

Jawaban :
Bila aku tambahkan satu lagi uang Dai Nippon 100 Roepiah di atas uang-uang tersebut, maka dengan niscaya anda akan pribadi bisa menjawab.

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu

Jawaban teman-teman ialah sbb:
b. (10%)
d. (70%)
f. (20%)

Jawaban yang benar ialah :
Tidak ada yang ASLI (f)

Bila tidak ada pembanding maka sangat sulit untuk mengetahui keaslian uang-uang tersebut. Jangan terpengaruh dengan terangnya warna menyerupai pada uang no 2, tetapi perhatikan ketajaman gambar.
Dengan adanya pembanding maka dengan gampang kita bisa mengetahuinya. Karena itu rekam baik-baik gambar uang yang orisinil di otak anda sehingga dengan hanya sekali pandang anda sudah bisa mengetahui perbedaannya.

 sehabis aku membaca posting bapak di internet aku semakin tertarik dalam mengoleksi uan 54. Asli dan palsu
Perhatikan baik-baik detail gambar uang yang ASLI (paling atas) bandingkan dengan uang-uang lainnya yang PALSU.
Apakah berbeda?


UANG PALSU BERKELIARAN DISEKELILING KITA
UNTUK MENGHINDARINYA, TELITI SEBELUM MEMBELI !!



iklan

0 Response to "Membedakan uang Kuno Asli Dan Palsu"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.