loading...

Grading uang kuno

iklan
Grading dalam numismatik sangatlah penting. Begitu banyak yang harus diperhatikan dalam menilai kualitas suatu uang kertas, sehingga sangat-sangat sulit bagi seseorang untuk mengetahui grade bergotong-royong dari uang kertas miliknya.

Memang kita sanggup menilainya sendiri dengan cara pengamatan langsung, tetapi tidak jarang hasil yang didapat tidak sesuai dengan kenyataannya. Kita cenderung menilai hiperbola untuk barang2 milik sendiri yang mau dijual dan sebaliknya menilai lebih rendah barang2 yang mau kita beli. Untuk itu diharapkan pihak ketiga yang tidak terlibat dalam transaksi sehingga hasil yang didapat lebih mendekati kenyataan alias fair.

Salah satu pihak ketiga yang cukup memiliki nama di dunia numismatik yakni suatu badan/organisasi grading internasional yang memiliki cabang di banyak negara. Badan ini disebut PAPER MONEY GUARANTY (PMG) yang didirikan semenjak tahun 2005. PMG memiliki cabang hampir di seluruh dunia termasuk di Singapore, Taiwan dan Korea Selatan. Bila kita berminat untuk mengetahui kondisi yang bergotong-royong dari uang-uang koleksi kita, maka kita sanggup mengirimnya ke dealer PMG terdekat.



Proses yang dilakukan oleh PMG yakni sbb:



1. Menerima (Receiving)


Semua uang kertas yang diterima oleh PMG akan dimasukkan data2nya ke dalam komputer, lalu diberikan label dan dimasukkan ke dalam plastik pelindung.



2. Grading


Grading dilakukan minimal oleh 3 orang tenaga profesional yang sangat berpengalaman di bidangnya. PMG menawarkan nilai dari 1 (Poor) hingga dengan 70 (Seventy Gem Uncirculated). Selain itu ada juga nilai komplemen yaitu EPQ (Exceptional Paper Quality) untuk uang2 yang tidak pernah diproses baik secara fisik, kimia maupun mekanik. Nilai 65 ke atas (Gem UNC) harus disertai EPQ, jikalau tidak maka nilai tertinggi hanya hingga di angka 64 (Choice UNC). Nilai terendah yang sanggup mendapat gelar EPQ yakni 30 (Very Fine). Dari sini terbukti bahwa segala proses yang dilakukan terhadap uang kertas hanya akan menurunkan gradenya dan tidak akan mendapat nilai EPQ.
Nilai-nilai tersebut yakni sbb:

CU 70 Seventy Gem Uncirculated
CU 67–69 Superb Gem Uncirculated
CU 65–66 Gem Uncirculated
CU 63–64 Choice Uncirculated
CU 60–62 Uncirculated
AU 50, 53, 55, 58 About Uncirculated
XF 40, 45 Extremely Fine
VF 20, 25, 30, 35 Very Fine
F 12, 15 Fine
VG 8, 10 Very Good
G 4, 6 Good
AG 3 About Good
FR 2 Fair
PR 1 Poor



Arti dari masing-masing angka yakni sbb:
 Grading dalam numismatik sangatlah penting 3. Grading
Dari tabel terlihat bahwa definisi uncirculated (UNC) pun ada tingkatannya :
60-62 : UNC
63-64 : Choice UNC (orang sini sering menyebutnya full UNC)
>65 : Gem UNC (sebagian penjual menyebutnya super UNC)
Bagaimana dengan UNC kategori kita? Kebanyakan menyampaikan asalkan engga ada tekukan udah disebut UNC. Padahal tidak semudah itu.


3. Pengemasan (Encapsulating)
Setelah simpulan di grading, uang akan dikemas dengan plastik tebal, disegel dan diberikan keterangan/deskripsi mendetail perihal jenis, nomor seri dan kondisi uang tersebut. Hasilnya terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini :


 Grading dalam numismatik sangatlah penting 3. Grading
PMG dengan nilai 68 EPQ (Gem UNC)
Nilai yang tertera di sudut kanan atas (68) yakni nilai uang tersebut yaitu Gem UNC yang disertai juga dengan nilai komplemen EPQ. Semakin tinggi nilainya tentu semakin manis kondisi uang tersebut.

4. Pengiriman (Shipping)
Setelah dikemas maka uang akan diperiksa ulang sebelum dikembalikan ke pemiliknya semula.
Biaya
Semua ini tentu membutuhkan biaya, berapa besar biaya yang dibutuhkan?
$125 untuk uang apapun dan simpulan dalam 24 jam
$85 untuk uang yang bernilai s/d $10000, diharapkan waktu 3 hari kerja
$45 untuk uang yang bernilai s/d $3000, waktu yang diharapkan 14 hari kerja
$30 untuk uang di bawah $1000 (minimum 5 buah), waktu 21 hari kerja
Selain itu tentu ada biaya2 tersendiri untuk pelanggan ataupun borongan. Juga ada biaya lagi untuk mengganti kemasan yang sudah usang ataupun rusak.


Mungkin sebagian besar dari kita menyampaikan mahal, tetapi uang2 yang telah di grading oleh PMG memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi, sehingga sangat mungkin harga fee nya menjadi tidak berarti jikalau dibandingkan dengan kenaikan harga jualnya.


70 EPQ
Nilai 70 EPQ merupakan nilai tertinggi (sempurna) yang sanggup diperoleh oleh PMG, dari ratusan ribu uang kertas yang telah di grading oleh PMG hanya ada satu lembar yang memenuhi kriteria 70 EPQ, yaitu pecahan $1 1935G Silver Certificate Fr.1616 (Fr.1616 menyatakan nomor uang tersebut menurut katalog Paper Money of the United States by Arthur and Ira Friedberg). Uang ini merupakan uang yang pertama dan satu-satunya yang mendapat nilai tepat 70 EPQ.
Dari sini sanggup disimpulkan bahwa bergotong-royong hampir tidak ada uang kertas yang berkondisi sempurna. Maka istilah super UNC yang sering kita pakai bergotong-royong tidaklah tepat.
 Grading dalam numismatik sangatlah penting 3. Grading
Satu2nya uang kertas dengan nilai tepat yaitu 70 EPQ
Bagi teman2 yang berminat mengetahui seluk beluk grading PMG lebih lanjut, baik lokasi, cara maupun biaya sesungguhnya silahkan klik website berikut: http://www.pmgnotes.com/index.asp
Info berikutnya akan membahas hubungan antara nomor seri dan tahun emisi pada pecahan 100.000 (2004, Sukarno-Hatta). Untuk itu mulai kini harap teman2 memperhatikan prefiks (3 huruf) dari nomor seri pecahan tersebut, jikalau ada yang menemukan prefiks dengan karakter kedua di atas karakter E (misalnya -F-, -G-, -H-, dst) silahkan email ke penulis. Prefiks tidak berlaku untuk karakter X.
Semoga pengetahuan ini bermanfaat.
Salam numismatik
iklan

0 Response to "Grading uang kuno"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.