loading...

Pengalaman Berburu Uang Kuno

iklan
Berburu Uang Kuno - Awal Januari lalu, aku mempunyai sedikit pengalaman dalam berburu uang kuno. Kejadiannya masih didaerah aku dan tidak begitu jauh dari rumah domisili tinggal saya.

Informasi akan keberadaan uang kuno baik uang kertas kuno ataupun koin kuno baik dalam dan luar negeri aku dapatkan dari orbrolan dengan tetangga. Kata tetatangga tersebut ada seorang yang mempunyai uang kuno dalam jumlah tidak mengecewakan banyak. Terpancing untuk mengambarkan kebenaran dari tetangga tersebut, aku mendatangi orang yang dia ceritakan.


Benar saja, beberapa hari sesudah itu aku menyambangi orang yang mempunyai uang kuno dalam jumlah tidak mengecewakan banyak tersebut.

Sebut saja nama ia yaitu Pak Rus, pria berusia sekitar 70 tahunan yaitu yang mempunyai berbgai jenis mata uang kuno baik dalam dan luar negeri, baik uang kertas kuno dan koin kuno. Dengan mata kepala sendiri aku melihat koleksi Pak Rus ini. meski sudah terbilang usang dan tidak begitu terawat baik, namun kebanyakan koleksi ia masih dalam kondisi Fine, bahkan banyak juga yang Extra Fine. Luar biasa, memang!

Awalnya aku mencoba untuk meminta beberapa lembar uang kertas kuno yang mempunyai nomor seri berurutan, jumlahnya ada lima lembar. Namun tidak diberi. Saya mencoba untuk membeli lima lembar uang kertas tersebut dengan patokan harga dari Katalog KUKI. Namun Pak Rus tetap enggan melepasnya. Kalaupun memang berminat, aku harus membelinya dengan harga diluar Katalog KUKI tersebut alias dengan harga tinggi. Berpikir demikian, aku sendiri yang enggan, alasannya yaitu anjuran harga yang dibentuk ia rasanya tidak sepadang dengan warta wacana uang kertas tersebut. Meski demikian, itu yaitu hak Pak Rus dan aku tidak mau mendebatnya. Beliau sempat mengatakan, kalaupun nantinya tidak ada orang yang mau membeli dengan harga yang ditawarkannya, biarlah uang tersebut membusuk, rusak sampai ia tutup usia.

Beliau memang tidak memercayai patokan harga yang tertera dalam Katalog KUKI. Beliau mempunyai pendapat tesendiri yaitu setiap uang kuno menyerupai itu harganya niscaya mahal, dari jutaan sampai ratusan juta! Lagi-lagi aku tidak ingin medebatnya.

Hari itu, sebelum aku pulang, ia masih sempat “menantang saya”, jikalau aku memang serius untuk mendapat uang kuno beliau, mungkin perlu dinegosiasikan ulang dalam dilema harga, dan aku pun memang ingin mendatangi Pak Rus lagi.


O ya, Pak Rus bukanlah tipe kolektor uang kuno. Keberadaan uang kuno yang ada pada ia hanyalah kebetulan saja, "warisan" dari orang tuanya yang ketika itu mungkin tidak sempat dipergunakan sebagai alat transaksi, sehingga seiring waktu berjalan sampai kini ini, uang tersebut menjadi uang kuno yang tidak bisa lagi sebagai media transaksi.

OK, kita tinggalkan Pak Rus dengan ideologinya bahwa yang langka itu absolute mahal, aku masih mempunyai satu lagi pengalaman dalam berburu uang kuno. Kejadiannya sekitar bulan Desember 2011 silam, sekitar sebulan sebelum aku bertemu dengan Pak Rus.

Sekitar 10 lembar uang kertas kuno aku dapatkan dari seorang laki-laki, masih dalam kawasan saya. Untungnya ia mau bernegosiasi dengan aku dengan patokan dari Katalog KUKI. Beliau tidak mendebatnya dan inilah justru yang menciptakan aku senang. Kedua belah pihak sepakat! Uang kertas tersebut kini ini 100% orisinil kepemilikan saya!

Btw, kembali pada Pak Rus, apakah pembaca terhormat memilki ilham semoga aku bisa mendapat koleksi ia dengan harga yang tidak begitu jauh dari yang ada dalam Katalog KUKI?
iklan

0 Response to "Pengalaman Berburu Uang Kuno"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.