loading...

Uang Kuno Wayang 5 Gulden (Bagian 1)

iklan
Kita semua niscaya mengetahui uang ini, De Javasche Bank seri wayang penggalan 5 Gulden. Diterbitkan pertama kali tanggal 23 April 1934 dan mempunyai 3 variasi tanda tangan yaitu :
a. Praasterink - Buttingha Wichers
b. JC van Waveren - Buttingha Wichers
c. RE Smits - Buttingha Wichers

Gambar utama menampilkan sesosok penari wayang Jawa (Javanese dancer) sedangkan bab belakang terdapat lingkaran-lingkaran konsentris yang diapit 4 text undang-undang dalam bahasa Belanda, Jawa, Mandarin dan Arab.

Pecahan 5 Gulden seri wayang


Begitu seringnya kita melihat uang ini sehingga kadang kala kita hanya menganggapnya sebagai 'barang biasa' yang tidak perlu diperhatikan. Kita berlomba-lomba mencari yang berkondisi baik, tebus dengan harga yang tidak mengecewakan tinggi, masukkan ke album dan ...... lupakan.........



Pelukis
Setiap uang kertas niscaya ada pelukisnya, untuk seri wayang ini nama pelukis tercetak dengan terang di bab kanan bawah sisi belakang. 


FEC merupakan abreviasi dari Fecit yang artinya ialah :

fecit Latin [ˈfeɪkɪt] 
(Fine Arts & Visual Arts / Art Terms) (he or she) made it: used formerly on works of art next to the artist's name Abbreviation fec

LION CACHET FEC. artinya uang ini digambar atau dilukis oleh LION CACHET.
Siapakah orang yang berjulukan lengkap Mr.Carel Adolph Lion Cachet ini?



Ternyata dia ialah seorang seniman multitalenta asal Belanda yang sangat populer (28 Nov 1864 - 20 May 1945).  CA Lion Cachet banyak menciptakan rancangan furniture, batik, karpet, poster, lukisan dan tentu saja uang kertas. Selain melukis seri wayang, salah satu maha karyanya ialah uang kertas De Nederlansche Bank penggalan 100 Gulden 1944.

Bagian depan De Nederlansche Bank 100 Gulden 1944
Perhatikan goresan pena LION CACHET FEC pada sudut kanan bawah 

Bagian belakang uang tersebut, perhatikan motif bundar di bab tengah

  
 Motif berupa lingkaran-lingkaran konsentris yang merupakan ciri khas CA Lion Cachet 
Bandingkan bentuk tersebut dengan penggalan 5 Gulden seri wayang (kanan)


Proses Pembuatan
Dalam merancang uang kertas, pemilihan gambar utama sangat penting. Gambar tokoh utama wayang orang pada seri ini sangat hidup dan anggun sekali, begitu bagusnya sehingga lebih menyerupai hasil fotografi daripada lukisan. Dan memang benar, menurut penelitian pada versi artist drawing milik seorang sahabat kolektor, ternyata gambar wayang pada seri ini merupakan foto yang digunting dan ditempel. Baru sesudah itu digabung dengan lukisan latar belakangnya. Mari kita lihat perbandingan gambar di bawah :

Lukisan tangan orisinil pada variasi artist drawing seri wayang.
Tampak sangat bergairah dan tidak menarik alasannya secara logika sulit bagi seorang gila untuk sanggup melukis dan menjiwai dengan tepat huruf seorang penari wayang.



 Gambar menjadi anggun dan hidup alasannya dipadukan dengan hasil fotografi
Perhatikan tanggal pembuatan 29 januari 1932 atau sekitar 2 tahun sebelum uang tersebut diedarkan.


Kesimpulan dari goresan pena bab pertama ini ialah :
1. Seri wayang dibentuk oleh seorang seniman populer asal Belanda berjulukan Carel Adolph Lion Cachet yang ternyata juga banyak menghasilkan karya lain berupa uang-uang kertas Belanda.
2. Gambar tokoh utama yang begitu hidup ternyata dibentuk dengan santunan teknik fotografi yang dipadukan dengan lukisan tangan


Pada bab kedua nanti akan dibahas pandangan pak Gatot, kurator museum Bank Indonesia sekaligus pemerhati wayang perihal siapa tokoh atau huruf wayang orang pada penggalan 5 Gulden ini. Bukan sembarang huruf wayang sanggup ditampilkan di kertas uang menyerupai contohnya Hanoman atau Semar. Nanti bisa-bisa uang kita menjadi uang uka-uka Hanoman ngamuk.................

Apa risikonya jika uang kita bergambar Hanoman ngamuk?



QUIZZ :
Dapatkah teman-teman menebak siapa nama tokoh wayang orang  yang terdapat pada penggalan 5 Gulden?
Kirim balasan ke email arifindr@gmail.com, bagi satu orang yang pertama menjawab dengan benar akan diberikan gratis hadiah selembar poster wayang langsung berukuran besar (anda hanya perlu membayar ongkos kirim).
Seorang sahabat dari Batam, Riau berjulukan Raimon Syafril telah menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.
Selamat ya, hadiah akan segera dikirim

Poster wayang berukuran A2 




Jakarta 24 Maret 2013
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com











iklan

0 Response to "Uang Kuno Wayang 5 Gulden (Bagian 1)"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.