loading...

Inilah uang kuno 1000 Rupiah Seri Bunga 1959 (1)

iklan
Seorang sahabat dari Palembang yang sangat teliti bertanya :
Mengapa pada pecahan Rp1000 seri bunga (1959) variasi 1, 2 dan 3  huruf  terdapat warna yang sedikit berbeda dibandingkan variasi keempat (2 karakter di atas 1 huruf)?

Sebagaimana kita ketahui, pada Katalog Uang Kertas Indonesia pecahan ini mempunyai variasi sebagai berikut
a. TDLR, 1 karakter 4 angka
b. TDLR, 2 karakter 4 angka
c. TDLR, 3 karakter 4 angka
d. Tanpa TDLR, 2 karakter di atas 1 huruf, 5 angka

Pada katalog World Paper Money edisi 12, pecahan ini dibedakan atas :
a. Imprint TDLR at bottom center on face
b. Without imprint

Bila kita menggabungkan kedua katalog, maka uang ini sanggup dibagi atas 2 penggalan besar yaitu
1. TDLR yang sanggup dibagi lagi menjadi 3 subvarian:
    a. 1 karakter 4 angka
    b. 2 karakter 4 angka
    c. 3 karakter 4 angka
2. Tanpa TDLR, 5 angka

Pertanyaannya adalah:
Apakah perbedaan kedua varian ini (TDLR dan tanpa TDLR) hanya terlihat pada bentuk nomor serinya saja? Mari kita lihat bersama :


Kedua variasi pecahan Rp1000 (1959) yang  berkondisi UNC kita bandingkan bersama, yang atas ialah varian  TDLR, sedangkan yang sebelah bawah varian tanpa TDLR yang kemungkinan besar merupakan cetakan Percetakan Kebajoran. Dikatakan demikian lantaran pada versi specimen varian TDLR hanya terdapat tulisan SPECIMEN sedangkan pada varian tanpa TDLR selain tulisan SPECIMEN juga terdapat tulisan TIDAK BERLAKU dan TJONTOH
Kedua goresan pena tersebut terang ialah bahasa Indonesia, sehingga sangat mungkin varian tanpa TDLR dicetak oleh Percetakan Kebajoran (lihat juga artikel 37. Rp2500 KOMODO) 

3 macam tulisan SPECIMENTIDAK BERLAKU  dan TJONTOH pada varian tanpa TDLR



Karena terdapat 2 macam variasi besar, yaitu TDLR dan tanpa TDLR yang kemungkinan besar dicetak oleh 2 percetakan yang berbeda, maka selain nomor serinya, sangat mungkin terdapat perbedaan-perbedaan lainnya. Mari kita lihat bersama :


WARNA
Bila kedua varian tersebut kita bandingkan bersama, maka akan terlihat adanya sedikit perbedaan warna :





Varian TDLR (atas) mempunyai warna yang sedikit 'lebih gelap' dibandingkan varian tanpa TDLR (bawah). Perbedaan warna ini juga sanggup ditemukan pada seri Sukarno, perhatikan gambar di bawah



Seri Sukarno TDLR (atas) dan PK (bawah) selain mempunyai perbedaan nomor seri, tanda air dan letak benang pengaman juga mempunyai sedikit perbedaan warna. 

Warna uang pada cetakan TDLR terlihat lebih kontras, lebih tajam dan mempunyai gradasi warna yang lebih jelas, perhatikan perbedaan-perbedaan tersebut pada margin penggalan bawah serta pada keseluruhan penggalan uang.
Perbedaan gradasi warna pada margin bawah uang



LAMPU UV
Sekarang kita perhatikan kalau kedua varian (TDLR dan tanpa TDLR) dilihat di bawah lampu UV. Apakah keduanya juga mempunyai perbedaan? Mari kita lihat bersama.


Ternyata kedua variasi menawarkan pendaran warna yang sangat berbeda. Varian TDLR (atas) menawarkan pendaran warna lebih gelap dengan bunga di penggalan tengah yang lebih 'menyala' dibandingkan varian tanpa TDLR (bawah). Sebaliknya varian tanpa TDLR memiliki pendaran benang pengaman yang lebih terang. 
Bagaimana kalau semua variasi kita bandingkan gotong royong di bawah lampu UV?

Semua varian TDLR (1,2 dan 3 huruf) menawarkan pendaran warna yang seimbang sedangkan varian tanpa TDLR  (paling bawah) terlihat berbeda yaitu sedikit lebih pucat. 


 Pendaran warna bunga yang lebih 'menyala' pada varian TDLR (atas)



KESIMPULAN :

Bravo kepada sahabat kolektor kita yang mempunyai mata elang. Dengan teliti ia sanggup melihat perbedaan warna pada kedua varian. Mata menyerupai sahabat kita ini yang seharusnya dimiliki oleh setiap kolektor.  

Dan sehabis diperhatikan serta diteliti lebih lanjut kita sanggup melihat pada gambar-gambar di atas bahwa varian TDLR memang berbeda kalau dibandingkan dengan varian tanpa TDLR. Perbedaan bukan hanya pada penomorannya saja tetapi hampir pada keseluruhan warna uang dan menjadi semakin mencolok kalau dilihat dengan lampu UV. Perbedaan-perbedaan tersebut mungkin disebabkan oleh jenis tinta atau jenis kertas yang berlainan, mungkin juga kedua-duanya.

Semua perbedaan ini lebih menyakinkan kita bahwa kedua varian tersebut dicetak oleh 2 percetakan yang berbeda. Tetapi tanpa keterangan resmi dari pihak yang berwenang, kita tetap tidak sanggup mengetahui secara niscaya apakah Percetakan Kebajoran yang mencetak varian tanpa TDLR

Pertanyaan selanjutnya :
Apakah Rp2500 komodo yang mempunyai variasi yang menyerupai dengan Rp1000 bunga juga mempunyai perbedaan-perbedaan tersebut? Saya berharap teman-teman mau menelitinya sendiri.




Jakarta 6 Mei 2012
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com

Sumber :
1. Katalog Uang Kertas Indonesia edisi 2010
2. Standard Catalog of World Paper Money edisi 12
3. Koleksi teman-teman para kolektor

iklan

0 Response to "Inilah uang kuno 1000 Rupiah Seri Bunga 1959 (1)"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.