loading...

Uang Kuno 1957 (Seri Hewan)

iklan
Seri Hewan 1957
Terdiri dari pecahan 5, 10, 25, 50, 100, 500, 1000 dan 2500 rupiah
Serta pecahan 5000 rupiah yang tidak diterbitkan



Seri binatang merupakan seri paling menarik, paling dicari dan mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi dibanding seri2 lainnya. Untuk melengkapi seri ini diperlukan waktu yang lama, kerja keras dan dana yang sangat besar. Beberapa pecahan yaitu 10 dan 25 rupiah mempunyai harga yang fantastis dan sangat2 sukar didapatkan.
Semua pecahan seri binatang tidak mempunyai tahun penerbitan, tetapi walaupun demikian seri ini mempunyai gambar dan warna yang sangat menarik dan bersifat universal. Setiap orang di seluruh dunia niscaya mengetahui nama2 binatang yang tercetak di seri ini, sehingga tidak heran menjadi incaran para kolektor mancanegara.


Pecahan 5 rupiah


Bergambar orang utan di bab depan dan candi Prambanan di bab belakang, mempunyai tiga variasi nomor seri, yaitu 1 huruf, 2 abjad dan 3 huruf. Variasi 1 abjad sangat sukar ditemukan dan biasanya berada dalam kondisi kurang baik. Variasi 1 abjad yang UNC jarang sekali ditemukan dan mempunyai nilai jual sangat tinggi.
Variasi 2 abjad UNC cukup sering ditemukan apalagi dengan variasi 3 hurufnya sangat gampang didapatkan. Harga UNC kedua variasi tersebut berkisar Rp. 350.000 perlembarnya.

 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Orang utan 5 rupiah 1957 variasi 3 nomor seri

Pecahan 10 rupiah

Bergambar Rusa di bab depan dan bahtera kora2 di bab belakang. Pecahan ini ditarik kembali sesudah sempat beredar selama beberapa hari. Sehingga tingkat kesulitan untuk mendapat pecahan 10 rupiah sangatlah tinggi. Sebagian besar versi yang tersedia di pasaran yakni versi SPECIMEN. Harga pecahan 10 rupiah versi SPECIMEN dikala ini bernilai jutaan rupiah, sedangkan versi beredarnya tidak sanggup ditentukan alasannya sangat langka dan hampir tidak pernah terlihat.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Rusa 10 rupiah 1957

Pecahan 25 rupiah


Seperti juga dengan pecahan 10 rupiah, pecahan 25 rupiah yang bergambar warak ini hanya beredar beberapa hari sehingga tingkat kesulitan uang ini juga sama besarnya dengan pecahan 10 rupiah. Harga versi SPECIMEN nya sama dengan pecahan 10 rupiah sedangkan versi beredarnya sangat-sangat langka sehingga harga pasaran juga tidak sanggup dipastikan. Kedua pecahan 10 dan 25 rupiah ini merupakan kunci dari semua uang terbitan Bank Indonesia. Hanya beberapa gelintir kolektor saja yang mempunyai kedua pecahan ini.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Badak 25 rupiah 1957


Pecahan 50 rupiah

Bergambar buaya di bab depan dan mesjid Raya Deli di bab belakang, terdiri dari 2 variasi nomor seri yaitu satu abjad dan dua huruf. Variasi satu abjad jauh lebih sulit didapatkan daripada variasi dua abjad dan berharga sekitar satu setengah kali nya. Harga UNC variasi 2 abjad pecahan ini sekitar Rp.750.000,- perlembarnya.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Buaya 50 rupiah 1957 variasi 1 dan 2 huruf


Pecahan 100 rupiah

Pecahan yang bergambar bajing ini merupakan pecahan yang paling gampang didapat dan berharga jual di bawah pecahan2 lainnya, pecahan ini mempunyai tiga variasi nomor seri yaitu satu huruf, dua abjad dan tiga huruf. Seperti yang lainnya pecahan variasi satu abjad lebih sulit didapatkan dibandingkan variasi2 lainnya. Harga UNC variasi dua abjad dan tiga abjad yakni sama yaitu berkisar antara Rp.500.000, sementara harga variasi satu abjad sekitar satu setengah hingga dua kalinya.
 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Tupai 100 rupiah 1957 variasi 1, 2 dan 3 huruf

Pecahan 500 rupiah


Pecahan bergambar macan ini merupakan salah satu uang kertas yang paling dicari oleh para kolektor baik lokal maupun mancanegara. Gambarnya yang anggun dengan tema universal disertai warna yang sangat menarik menciptakan uang ini semakin usang semakin sulit ditemukan. Pecahan 500 rupiah ini terdiri dari dua variasi yaitu satu abjad dan dua huruf. Tingkat kesulitan maupun harga variasi satu abjad berlipat-lipat dibandingkan variasi dua huruf. Harga kondisi VF variasi dua abjad dikala ini berkisar sekitar Rp.2 jutaan dan untuk UNC nya berdasarkan data terakhir sudah melebihi Rp.7,5 juta perlembarnya. Sangat tidak masuk nalar bukan? Karena beberapa tahun yang kemudian pecahan ini sangat banyak ditemukan dan harganyapun hanya berkisar ratusan ribu hingga Rp.1 jutaan untuk kondisi UNC. Saat ini hampir mustahil kita menemukannya dengan harga sedemikian.

 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Macan 500 rupiah 1957 variasi 1 dan 2 huruf


Pecahan 1000 rupiah


Seperti pada pecahan 500 rupiah, uang yang bergambar gajah ini juga sangat digemari oleh para kolektor. Semakin usang semakin sukar untuk mendapat jenis yang UNC sehingga harganyapun semakin membumbung tinggi. Terdapat dua variasi nomor seri, satu abjad dan dua huruf. Variasi satu abjad tentu saja lebih sukar didapatkan dibanding variasi dua huruf, sehingga harganyapun juga lebih tinggi sekitar 2 kalinya. Harga variasi dua abjad kondisi EF sekitar Rp.1,5 juta dan UNC sudah melampaui angka 2 jutaan rupiah.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Gajah 1000 rupiah 1957 variasi 1 dan 2 huruf


Pecahan 2500 rupiah


Bergambar komodo, dengan bentuk yang besar dan corak yang menawan merupakan salah satu uang kertas yang paling diburu. Pecahan ini relatif gampang didapatkan bahkan yang UNC nya pun masih sanggup diperoleh di kisaran harga Rp.2 juta. Terdiri dari tiga variasi nomor seri, satu huruf, dua abjad dan dua abjad diatas satu huruf. Variasi satu abjad sangat langka dan sangat sulit ditemukan sehingga harganyapun berlipat2 dibandingkan variasi2 lainnya.



 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Komodo 2500 rupiah 1957 variasi lengkap

Pecahan 5000 rupiah (tidak beredar)


Pecahan yang bergambar banteng ini merupakan salah satu kunci dari seluruh uang kertas yang pernah beredar di Indonesia. Pecahan 5000 rupiah ini berukuran sangat besar (190 x 97 mm) bahkan merupakan uang kertas Indonesia yang mempunyai ukuran terbesar. Pecahan berwarna merah ini tidak jadi diterbitkan dan hanya terdapat dalam bentuk SPECIMEN bernomor seri 5000A 0000, walaupun berdasarkan kabar angin terdapat bentuk versi yang beredarnya. Harga pecahan ini tidak sanggup ditentukan alasannya sangat langka dan amat jarang beredar di kalangan kolektor. Menurut rumor terbaru harganya berkisar di antara Rp.25 juta perlembarnya.
Karena harganya yang sangat tinggi maka tidak heran beredar bentuk palsunya. Salah satu ciri yang membedakan yakni ukuran versi yang palsu jauh lebih kecil dari aslinya, dan tentu saja warnanya tidak seterang aslinya. Mengapa ukuran uang yang palsu sanggup lebih kecil dari yang asli? Bila ada diantara teman-teman yang mempunyai buku katalog uang kertas ecisi 1996 sanggup membuka halaman 130 yang berisi isu wacana uang ini. Di bab ukuran uang tertulis angka 170 x 86 mm dan angka ini terang salah. Saya tidak tahu apakah kesalahan ini disengaja atau tidak oleh penulisnya, yang niscaya ukuran uang yang orisinil jauh lebih besar dari ukuran tersebut. Karena ukuran 170 x 86 mm yang tertera di buku maka para pemalsu menganggap bahwa ukuran tersebut yang benar sehingga mereka menciptakan copy sesuai ukuran itu. Hal ini sedikit banyak menguntungkan para kolektor pemula yang belum begitu paham wacana keaslian suatu uang.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Banteng 5000 rupiah 1957 (tidak beredar)

Selain bentuk beredarnya, seri binatang juga terdapat bentuk2 lain ibarat bentuk SPECIMEN dan bentuk PROOF.

 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
SPECIMEN SET seri Hewan 1957


Bentuk SPECIMEN lebih gampang ditemukan daripada bentuk PROOF dan beberapa kali dijual di lelang2 baik lokal maupun internasional. Pada salah satu lelang populer di Jakarta beberapa dikala yang kemudian dijual satu set lengkap seri binatang dalam bentuk SPECIMEN dengan harga pembukaan Rp.51.750.000 belum termasuk fee sekitar 15%.

 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)

Bentuk yang lebih sukar ditemukan yakni bentuk PROOF. Bentuk yang satu ini mempunyai beberapa variasi, ada yang tanpa cap SPECIMEN tetapi terdapat goresan pena PROOF di bab kiri bawah.
 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Bentuk Proof variasi pertama


Terdapat juga variasi berupa lubang kecil2 bertulisan CANCELLED menyilang di bab tengah, dengan nomor seri PROOF berupa goresan pena di bab atas.


 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)

Variasi PROOF ibarat ini sangat jarang ditemukan dan berharga jual jauh di atas bentuk SPECIMEN.
Bentuk proof lain:

 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Proof beda warna yang sangat langka
.
 Seri binatang merupakan seri paling menarik 1957 (seri hewan)
Inspection die proof yang sangat langka
.
.


Kesimpulan dari seri Hewan 19571. Seri paling diburu oleh semua kolektor
2. Seri paling sulit dicari dan paling mahal, membutuhkan dana sedikitnya 50 jutaan untuk melengkapi seri ini
3. Merupakan seri penentu atau kunci dari seluruh uang kertas Indonesia. Merupakan keinginan tiap kolektor untuk melengkapi seri ini
4. Selain bentuk beredarnya juga terdapat bentuk-bentuk SPECIMEN dan PROOF
5. Tingkat kesulitan dari seri ini:
- Bentuk beredar dari pecahan 10 dan 25 rupiah (sangat sulit dan sangat mahal)
- Bentuk PROOF
- Pecahan 5000 SPECIMEN
- Pecahan 10 dan 25 SPECIMEN
- Pecahan2 SPECIMEN lainnya
- Variasi satu abjad pecahan 2500 (tersulit), 500, 1000, 5 dan 100 rupiah
- Variasi lainnya pecahan UNC dari 500 (macan), 1000 (gajah), 2500 (komodo)
- Variasi 2 atau 3 abjad pecahan 5 (orang utan) dan 100 (tupai) yakni yang termurah dan terbanyak ditemukan


Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com

iklan

0 Response to "Uang Kuno 1957 (Seri Hewan)"

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.