loading...

Uang Logam Kuno Nusantara yang Mengandung Emas

iklan
Pada jaman kuno Indonesia terdapat mata uang yang bermacam-macam, hal ini menunjukkan Solidaritas nusantara dengan bangsa lain cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari Prasasti kuno dan juga kronik asing yang ada di nusantara. misalnya saja sebuah prasasti kuno Kerajaan Sriwijaya di abad ke-7 terdapat tulisan Sansekerta dengan kosakata Vaniyaga yang berarti Saudagar, lalu kata Vaniyaga ini dimasukkan menjadi kosa kata dalam bahasa Indonesia menjadi kata Berniaga.

Uang Logam Kuno yang Mengandung Emas

Pada zaman dulu mata uang yang digunakan masyarakat Jawa adalah mata uang dari potongan emas dan perak sebagaimana yang dikabarkan kronik cina dari masa dinasti Song yaitu sekitar tahun 960 sampai dengan 1279. Emas dan perak yang digunakan sebagai uang pada zaman itu bentuknya ada yang setengah bulat, segi empat dan segitiga. Mata uang ini masih kasar, karena dibuat menggunakan alat-alat yang sangat sederhana.

Namun diberi tanda khusus dengan cap-cap-pan yang menunjukkan bahwa  potongan emas dan perak tersebut bisa digunakan untuk transaksi jual beli atau lainnya.
Uang mas dan perak  masa itu biasanya berlogo 3 Kuntum bunga, dedaunan dan jambang.

Mata uang yang digunakan di tanah Jawa, Sumatera dan kepulauan Bali pada masa Hindu Budha ada yang bentuknya seperti kancing baju. Pada uang ini  bersisi cembung yang dicap dengan huruf Nagari. Sementara pada sisi yang cekung dicap dengan gambar bunga 4 kelopak. Uang ini memiliki berat sekitar 2,4 gram.

Ada juga uang kuno yang bentuknya seperti butiran jagung,  namun memiliki berat 2,4 gram juga sama seperti uang bergambar bunga diatas.
uang kuno majapahit
uang kuno majapahit

Kedua uang di atas dipakai untuk transaksi di masa kerajaan Kediri, Mataram dan Singosari. Sampai berhenti sejak berdirinya kerajaan majahit.

Mata uang gobok

Akan tetapi pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit pada abad ke 14, mata uang yang terbuat dari bahan kuningan. tembaga dan timah mulai diedarkan. Para pedagang dari China merantau ke Tanah Jawa dan menetap di daerah Tuban, Gresik yang merupakan wilayah dari Kerajaan Majapahit.
Uang Kuno Gobog
       Uang Kuno 

Orang-orang Cina dalam jual beli  menggunakan uang kepeng Cina yang oleh masyarakat Jawa dinamakan sebagai mata uang gobok. Bahan dasar dari mata uang gobok adalah Kuningan dan tembaga beri gambar relief manusia, tumbuh-tumbuhan, tulisan dan juga binatang.

Gambarnya mirip dengan wayang kulit bahkan ada yang berbentuk persis dengan tokoh pewayangan. Seperti gambar Semar, toko dan Gatotkaca. Ukiran yang ada pada uang gobok juga menggambarkan kehidupan di masyarakat Seperti halnya peternakan,, nelayan, pemburu penenun dan juga gambar pertapa.

Uang Gobok bertuliskan Kalimah Syahadat

Selanjutnya, ada juga uang gobok yang bertuliskan kalimat syahadat dalam bahasa Arab yaitu La Ilaha Illallah Muhammadur Rasulullah. Yang dihiasi dengan gambar sinar yang memancar.

Cincin Stempel yang terbuat dari Emas

Pada zaman dulu (masa kerajaan maja pahit )ada juga Cincin Stempel yang terbuat dari bahan emas yang cukup berharga. Cincin stempel itu diketahui setelah Banyak masyarakat Jawa yang menemukan cincin stempel emas saat menggali tanah.  Cincin  stempel ini diduga milik para pedagang, pejabat pemerintah maupun Raja Pada masa itu. Cincin stempel ini dipakai untuk mengesahkan Nawala atau surat-surat dengan cara menekankan pada jabung dari lembaran, logam tipis, daun lontar dan papan kayu. Maka cincin akan memberikan bekas bergambar ornamen pada bekas tersebut sebagai tanda  bahwa barang tersebut adalah milik orang yang ditandai di dalam stempel cincin tersebut.

cincin stempel emas
cincin stempel emas

Cara menggunakan cincin ini yaitu sebuah surat dilekatkan dengan lak yang sudah dipanaskan, lalu kemudian distempel dengan stempel logam emas berciri khas tersebut. Cincin-cincin yang berciri khas ornamen geometris sampai dengan yang mirip dengan yang bergambar Dewi Sri tersimpan di dalam Museum Batavia sejak masa Belanda.
iklan

0 Response to "Uang Logam Kuno Nusantara yang Mengandung Emas "

Post a Comment

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.