loading...

uang kertas kuno china

iklan
Kurang lengkap terasa bagi kolektor kalau hanya mengoleksi Uang langka dan kuno dari lokal saja,sebagai kolektor tentu ingin lengkap berbagai macam dan jenis uang kuno dari Indonesia dan dari negara asing seperti uang kuno Brasil ,amerika dan apalagi  uang kertas kuno China karena china sangat banyak berdomisili di negara Indonesia.


Berikut Ini gambar Uang kertas Kuno dari China



uang kertas kuno china
uang kertas kuno china

uang cina kuno
uang cina kuno

Uang Koin kuno Dari China


Gambar koin gobog china
Gambar koin gobog china

koin gobog china
koin gobog china


Jenis Produk : Uang kuno Koin
Nominal : -
Tahun beredar :Tidak diketahui
Harga Pasaran Uang kuno china : Rp. 350.000,-

Uang Kertas Kuno China

Kertas pertama, lalu uang kertas. Ini adalah logika murni. Tidak mengherankan bahwa catatan pertama atau lebih baik, uang kertas pertama, muncul di China. Dengan penemuan kertas dan percetakan pada akunnya, negara ini hampir ditakdirkan untuk menghasilkan uang kertas pertama.

Selama berabad-abad pohon murbei telah dibudidayakan di Lembah Sungai Kuning (periode Shang, 18 sampai 12 abad SM). Jejak pertama kertas tanggal kembali ke paruh kedua abad ke-1 SM tapi kemudian tidak digunakan sebagai bahan tulis. Untuk kaligrafi tradisional mereka dengan sikat mereka menggunakan linen, rami, bambu (tebu) dan kulit pohon murbei. Kemajuan penting telah dicapai antara abad ke-2 dan ke-4 Masehi: Berkat penggunaan rami yang direndam murbei, kualitas pulp meningkat secara signifikan dan kertas menjadi kurang berat. Perbaikan itu sedemikian rupa sehingga kertas secara bertahap menggantikan bekas bamboomat. Teks dan laporan Clerical untuk Pengadilan selanjutnya ditulis di atas kertas namun tetap dalam arah vertikal. Cara menulis berusia berabad-abad ini mungkin merupakan hasil tulisan di atas potongan bambu yang diikat bersamaan.

Dari kertas ke kertas uang

Pembuatan kertas selama Dinasti Han (206 SM - 220 M)

Selama Dinasti Tang (618-907) ada kebutuhan mata uang logam yang semakin meningkat, namun berkat keakraban dengan gagasan tentang kredit, orang-orang China siap menerima potongan-potongan kertas atau draft kertas. Praktek ini berasal dari catatan kredit yang digunakan oleh pedagang untuk perdagangan jarak jauh mereka.

Karena kekurangan koin ini, juga orang mati harus mengubah kebiasaan mereka untuk mengambil koin dengan mereka untuk membayar perjalanan mereka ke dunia lain. Kira-kira catatan abad keenam mengganti koin sebagai uang penguburan. Bisakah kita menganggap ini sebagai alat pembayaran yang sebenarnya? Tentu tidak, tapi sungguh luar biasa juga di sini kertas menggantikan koin tembaga yang sangat lancar yang pernah digunakan sebelumnya.

Pada akhir periode Tang, para pedagang menyimpan nilai mereka dengan perusahaan mereka. Sebagai gantinya, mereka menerima catatan pembawa atau yang disebut hequan. Mereka benar-benar sukses dan gagasan itu dimanfaatkan oleh Pihak berwenang. Pedagang diundang untuk menyetorkan sebelum uang logam mereka di Perbendaharaan Pemerintah dengan imbalan "catatan kompensasi" resmi, yang disebut Fey-thsian atau uang terbang.

Selama dinasti Song (960-1276) bisnis booming di wilayah Tchetchuan juga mengakibatkan kekurangan uang tembaga. Beberapa pedagang mengeluarkan rancangan pribadi yang ditutupi oleh cadangan moneter yang semula terdiri dari koin dan garam, kemudian dari emas dan perak. Catatan tersebut dianggap sebagai yang pertama beredar sebagai legal tender. Pada 1024 Otoritas menetapkan monopoli penerbitan dan di bawah pemerintahan Mongol, selama Dinasti Yuan (1279-1367), uang kertas menjadi satu-satunya tender legal. Selama Dinasti Ming (1368-1644) penerbitan surat berharga diberikan kepada Menteri Keuangan.

Pada semua catatan yang dikeluarkan antara tahun 1380 (tahun ke-13 pemerintahan Kaisar Hung Wu) dan 1560 nama Hung Wu dan Menteri Keuangan dapat dibaca. Catatan tersebut dikeluarkan dengan nilai 100, 200, 300, 400 dan 500 wen dan 1 kuan atau 1000 wen. Jadi satu kuan memiliki nilai yang sama dengan 1000 koin tembaga atau 1 liang (1 tael) perak; 4 kuan menyamai 1 liang emas.

Sayangnya, catatan tersebut dikeluarkan terus menerus tanpa menggambar ulang dari peredaran yang lama. Praktek ini tentu saja menghasilkan spiral inflasi: pada awalnya, pada tahun 1380, satu guan bernilai 1000 koin tembaga, pada tahun 1535, satu guan hanya bernilai 0,28 koin tembaga!

Catatan dicetak di kertas tulis berwarna gelap dari pohon murbei

Catatan di showcase tanggal kembali ke periode yang sama. Ini cukup besar (340 x 221 mm) dan dicetak di kertas tulis berwarna gelap dari pohon murbei. Prasasti dalam judul tersebut membaca nama penerbit dan nama Hung Wu, pendiri Dinasti. Nilai Yi guan (atau 1 kuan) diwakili oleh dua karakter dan sepuluh tumpukan koin di bawahnya. Prasasti kiri dan kanan nilai di sana dibaca sebagai Catatan tentang dinasti Ming yang hebat dan Beredar di dalam Kekaisaran.

Dalam cartouche yang inferior, sebuah prasasti panjang, yang harus dibaca secara vertikal dari kanan ke kiri, memberikan lebih banyak informasi mengenai catatan tersebut: Dicetak oleh otorisasi kekaisaran oleh Menteri Keuangan (2 kolom di sebelah kanan); Catatan tentang Dinasti Ming Besar beredar bersama dengan uang tembaga. Forgers akan dipenggal dan mereka yang bisa memberikan informasi yang mengarah pada penangkapan pemalsu ditawarkan hadiah sebesar 250 liang perak di atas barang-barang pemalsu (4 kolom tengah); (dibuat di era) Hung Wu ___year ___month __ hari (kolom kiri). Yang kosong harus diisi dengan tangan tapi ini tidak pernah dipraktikkan. Akibatnya nama "Hung Wu" angka pada catatan bahkan setelah akhir masa pemerintahannya. Perbatasannya didesain menarik dengan bunga dan naga bergaya arabes.

Penemuan uang kertas China di Eropa

Dalam laporan perjalanan pelancong Venesia Marco Polo, pembaca menjadi terbiasa dengan dunia produksi uang kertas yang menakjubkan. Uang ini telah dimasukkan ke dalam sirkulasi selama periode Yuan oleh pemimpin Mongol Kubilai Khan (1214-1294): "Ada di kota Khanbalik bahwa Khan Agung memiliki Mint-nya. (...) Sebenarnya, uang kertas dibuat dari pohon getah pohon murbei, yang daunnya memberi makan cacing sutra. Kayu gubal, antara kulit kayu dan jantung, diekstraksi, digiling dan kemudian dicampur dengan lem dan dikompres menjadi lembaran yang mirip dengan lembaran kertas katun, tapi benar-benar hitam. (...) Metode penerbitannya sangat formal, seolah-olah substansinya murni emas atau perak. Pada setiap lembar yang menjadi catatan, pejabat yang ditunjuk khusus menuliskan nama mereka dan membubuhkan meterai mereka. Ketika pekerjaan ini telah dilakukan sesuai dengan peraturan, kepala tersebut meresapkan segelnya dengan pigmen dan membubuhkan tanda vermillion di bagian atas lembaran. Itu membuat catatan itu asli. Mata uang kertas ini beredar di setiap bagian dari wilayah kekuasaan Khan Besar, dan tidak berani orang lain, dalam bahaya hidupnya, menolak untuk menerimanya dalam pembayaran. "

Marco Polo merasa terhibur dengan pemikiran bahwa sementara para alkemis telah berjuang sia-sia selama berabad-abad untuk mengubah logam dasar menjadi emas, kaisar China telah dengan mudah mengubah kertas menjadi uang. Begitu kembali ke rumah, Marco Polo banyak melaporkan tentang pengalaman dan petualangannya di Kekaisaran China namun ketika dia berbicara tentang uang kertas, dia hanya merasa tidak percaya. Tidak mengherankan jika dibutuhkan beberapa abad lagi sebelum uang kertas diperkenalkan di Eropa. Sebenarnya, jika kita menyimpan konsep uang kertas sebagai catatan yang dikeluarkan dengan cadangan moneter sebagai garansi, catatan China pertama berasal dari abad ke-10. Yang berarti headstart tidak kurang dari tujuh abad di Barat!

Panduan Coralie Boeykens
Museum

Sumber:
Museum Bank Nasional Belgia, Sebuah cerita tentang uang , 2006, hlm. 21.
Kann E., Sejarah uang kertas Cina (kuno) , International Banknote Society, 1963.
Marsh G., "Catatan Cina tentang tingkat Dinasti Ming di antara mata uang kertas tertua yang diketahui", di Coin World , 1 Desember 1965, hlm. 56.
Reinfeld F., Kisah uang kertas , penerbitan Sterling CO., Inc., 1957.
Narbeth C., Mengumpulkan uang kertas , Seaby London, 1986.
http://www.nbbmuseum.be/en/2007/09/chinese-invention.htm

iklan

1 Response to "uang kertas kuno china"

uang kuno indonesia termahal surabaya yang paling dicari koin kertas berkhodam di dunia pekanbaru seri wayang arab amerika antik australia saudi ayam harga gambar jago belanda bogor jawa barat berharga brazil bertuah bernilai tinggi bung karno bukalapak 5000 dan harganya dijual dua setengah rupiah de japansche regeering dipanegara. jualnya istilah cari elizabeth emas euro eropa een gulden emisi 1975 mengandung federal perancis kolektor fantastis jual pembeli prancis kelapa sawit badak komodo gaib gresik gatot kaca barong selangit hongkong hindia miliaran jutaan 2018 2017 100 mahal indo jepang jaman kerajaan dulu jakarta jogja kaskus koleksi logam langka luar negeri liberty lima lampung lazada malaysia murah majapahit medan malang magelang mistis nederlandsch indie 1913 nusantara. nederland cent nomor cantik nederl negara ori online bandung shop semarang 2 perahu layar palsu pasar baru pinisi penarik rejeki pmg pembawa keberuntungan victoria queen quarter dollar rp100 rusia rembang ringgit rp 500 receh ri 50 tahun 1971 hewan budaya surabaya-kedurus pekerja seratus singapura bunga 1964 1958 saat ini thailand untuk mahar jimat unc uka orang utan voc viral vietnam versi valentine 1790 wilhelmina willem koning 1000 beli wonosobo 5 wu jiao won yg laku zaman zimbabwe dahulu nabi mata 50.000 10.000 1992 riyal sen 1961 1956 25 1952 20000 2016 1959 golden 300 34 info 35 400 45 4 thn inilah jenis 50000 monyet 1951 perak rupia 1947 bikin kaya sangat kumpulan an dengan 88 80an 80 90an.